Dua Saudara Perempuan Menjadi Biarawati Pada Saat Yang Sama Di Spanyol

Kedua remaja putri ini menjawab panggilan Tuhan bagi mereka untuk bergabung dalam kehidupan beragama.

Dua Saudara Perempuan Menjadi Biarawati Pada Saat Yang Sama Di Spanyol

Lourdes dan Gloria Salgado berasal dari Ciempozuelos, Spanyol (dekat kota Madrid). Mereka adalah anak bungsu dari sebuah keluarga besar (7 bersaudara) dan mereka adalah bagian dari Generasi Z, generasi yang lahir sekitar tahun 2000 yang merupakan digital natives.

T hese perempuan muda telah menemukan panggilan mereka untuk kehidupan beragama, dan hanya dalam waktu waktu satu bulan mereka berdua telah memasuki pesanan masing-masing. Meskipun Lourdes dan Gloria sama-sama memiliki panggilan religius, mereka tidak berada di jalur kejuruan yang sama: Gloria—yang berusia 18 tahun—masuk novisiat Ordo Bunda Maria pada tanggal 8 September, sedangkan Lourdes akan mulai sebagai postulan, pada usia 20, di biara Iesu Communio La Aguilera di Burgos.

Keuskupan Getafe baru saja merilis berita di situs webnya , di mana kedua suster memberikan kesaksian tentang apa yang telah terjadi dalam hidup mereka. “Yesus memanggil saya sejak usia sangat muda”

Lourdes menjelaskan keputusannya:

Semuanya telah terjadi dalam satu musim panas, dalam tiga bulan; dua dari kami meninggalkan rumah dengan satu-satunya tujuan mengikuti Yesus di mana pun Dia berada. Saya mengatakan bahwa semuanya terjadi dalam tiga bulan, tetapi sebenarnya tidak seperti itu, tidak dalam kasus saya. Panggilan selalu ada dalam diri saya, dan Yesus memanggil saya sejak saya masih sangat muda, tetapi dalam hidup tidak semuanya selalu berjalan seperti yang kita harapkan, dan selama tiga tahun atau lebih saya lupa dan meninggalkan panggilan saya dan Yesus untuk hal-hal duniawi yang menarik saya.

“Hanya untuk bersama-Nya, merenungkan Dia”

Dia melanjutkan:

Seiring waktu, Yesus tidak berhenti mencari saya, dan Dia telah berkomitmen kepada saya setiap hari dalam hidup saya. Setelah bertemu Yesus lagi dan menemukan kembali bahwa Dia menginginkan saya untuk diri-Nya sendiri, saya tidak dapat melakukan apa pun selain menyerahkan diri saya pada kehidupan kontemplatif, bersama dengan Yesus dan dengan saudara perempuan saya, yang dipanggil untuk hidup sama seperti saya: hanya untuk bersama-Nya , untuk merenungkan Dia, dan kemudian berbagi dengan mereka yang tidak mengenal Dia “apa yang telah kami lihat dan dengar.”

“Saya ingin hidup selalu berserah diri kepada-Nya”

Lourdes berkata, “Saya tidak bisa mengatakan apa-apa selain 'terima kasih.' Saya sangat berterima kasih kepada Tuhan dan Gereja-Nya.Saya tidak pantas hidup ini; hanya dengan rahmat-Nya saya dapat menghayati panggilan religius saya. Saya ingin hidup selamanya melayani Dia.”

Kakak perempuannya, Gloria, yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas dan mencapai usia dewasa yang sah, menjelaskan bagaimana proses kejuruannya dan apa yang memotivasinya untuk menjadi seorang religius. Dia menyatakan bahwa “bagian terbaik dari hidup saya adalah untuk Yesus.”

Gloria: “Yesus telah membuatku jatuh cinta kepada-Nya”

Pada tanggal 8 September saya memasuki novisiat Ordo Putri Bunda Maria, di Valdemoro. Ini adalah Ordo pengajaran biarawati yang menyatukan kehidupan kontemplatif dengan kehidupan aktif, yaitu, memberi diri kepada Yesus dalam Ekaristi dan memberi diri kepada jiwa-jiwa yang Dia datang untuk menyelamatkan. Saya telah menyelesaikan semua sekolah menengah dan sekolah menengah saya di sekolah ini dan saya telah melihat Yesus dalam diri para biarawati ini.

Ketika mereka memberitahu saya untuk menceritakan kisah panggilan saya, saya terkejut, karena itu adalah sesuatu yang sangat sederhana, dan saya suka cara ini. Ini adalah sesuatu yang sederhana tetapi hebat pada saat yang bersamaan. Yesus telah membuat hati saya jatuh cinta kepada-Nya secara sederhana, sedikit demi sedikit. Saya telah melihat bagaimana Yesus haus akan saya dan bagaimana saya haus akan Dia. Hatiku tidak pernah beristirahat dalam hal lain selain Dia.

“Saya telah melihat bagaimana Yesus haus akan dunia”

Saya juga telah melihat betapa hancurnya dunia ini, betapa hancurnya hati manusia tanpa Yesus, bagaimana dunia haus akan Yesus dan bagaimana Yesus haus akan dunia. Dan saya memberikan seluruh hidup saya untuk memuaskan "Saya haus," saya memberikan hidup saya untuk jiwa-jiwa, "agar mereka dapat memiliki Kehidupan." Saya tahu mengapa saya hidup.

Dan saya tidak pernah berhenti terkejut betapa baiknya Tuhan: Saya terkejut bahwa setiap hari Dia memilih saya, sekecil apa pun saya. Dan terkadang saya bertanya pada diri sendiri: “Bagaimana kita bisa sampai di sini?” dan saya menyadari bahwa Dia telah melakukan segalanya, bahwa Dia telah membawa segalanya ke depan …

Baik Gloria maupun Lourdes melihat bahwa keluarga mereka, sekolah tempat mereka belajar, dan Neocatechumenal Way telah membantu mereka menemukan panggilan pribadi mereka.

Lourdes berkata, “Keluarga saya sangat penting dalam hidup saya : ibu saya, yang bahagia dengan kehidupan yang saya mulai, saudara-saudara saya, paroki saya dan kelompok pemuda saya, mereka yang dengannya saya berbagi iman saya selama beberapa tahun terakhir, dan sekolah tempat saya dididik selama 5 tahun terakhir, sekolah biarawati tempat adik perempuan saya terdaftar.” Gloria mengatakan hal yang sama berlaku dalam kasusnya.

Bunda Maria dalam panggilan mereka

Gloria menambahkan bahwa keputusan yang telah mereka buat untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan dalam kehidupan religius tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan Bunda Maria.

Perawan Maria adalah cara termudah, terpendek dan tercepat untuk Yesus. Dialah yang membawa saya kepada Yesus setiap hari; kepadanya aku memberikan segalanya sehingga dia bisa memberikannya kepada Tuhanku.

Gloria menggemakan 'ya' Mary dengan cara yang konkret, mengutip mendiang Sekretaris Jenderal PBB Dag Hammarskjold: “Saya hanya bisa mengatakan: 'Untuk semua yang telah terjadi, TERIMA KASIH; untuk semua yang akan terjadi, YA.'”